Saturday 27 December 2014

Mitsubishi Lancer 2015 Lumayan Menggoda




Mitsubishi Lancer 2015 Lumayan Menggoda
CLOVELLY PARK (DP) – Kini tiba gilirannya Mitsubishi Motors Australia meluncurkan Mitsubishi Lancer 2015, setelah Mitsubishi Motors North America.
Tidak banyak revisi yang dilakukan oleh MMA, namun dinyatakan mempertajam nilai sedan legendarisnya ini, dengan harga, fitur-fitur dan struktur varian baru.
Semua model dilengkapi dengan lampu sein di rumah kaca spion samping, trim pintu baru, dan ESS (Emergency Stop Signal).
Tipe sedan ES Sport menggunakan roda baru, jok berselimut Ralliart, center console kulit. Sementara tipe sedan LS mengenakan roda 16” beredesain baru.
MMA melepas Mitsubishi Lancer 2015 dari harga AUS$18,990 (Rp 208 jutaan). Revisi harga terjadi di Mitsubishi Lancer EVO, di mana dari AUS$52,990 (Rp 581 jutaan). [dp/Ind]

Mitsubishi Pajero 2015 Terus Menjadi Kegemaran



Mitsubishi Pajero 2015 Terus Menjadi Kegemaran


CLOVELLY PARK (DP) – Sang legenda offroad, Mitsubishi Pajero menggondol sejumlah ‘renovasi’ gaya dan harga baru. Dan Mitsubishi memberikan tambahan fitur-fitur untuk kenyamanan dan fungsionalitas Mitsubishi Pajero 2015.
Dai sisi luar, Mitsubishi mempercantik desain bumper, grille krom baru, serta kerudung ban cadangan. Nah, interior-nya tak mau kalah, dengan desain baru panel tengah dan penggunaan kontrol-kontrol AC krom agar lebih terang. Kunci-bisa-dilipat dianut oleh Pajero 2015.
Lalu, Mitsubishi Pajero 2015 hanya tersedia dalam 7-seater. Dikatakan oleh Mitsubishi Motors Australia bahwa kabin Mitsubishi Pajero bertransmisi otomatis lebih sunyi dengan panel baru di dashboard yang dibuat untuk menyekat akustik.
Lebih lanjut Mitsubishi memasang bahan penyerapan kebisingan di bagian tudung mesin, daerah lantai, kawasan terowongan transmisi dan lain-lain. Lapisan isolasi suara pun telah ditambahkan ke bahan firewall dilaminasi.
Ada 3 varian Mitsubishi Pajero 2015 untuk pasar Australia: GLX (M/T & A/T), GLS A/T, dan Exceed A/T. Harga Mitsubishi Pajero 2015 dari AUSD 50.990 atau Rp 555 jutaan.
“Mitsubishi Pajero dengan kemampuan 4wd, tenaga dan performa luar biasa, dan fitur-fitur keselamatan telah lama menjadi favorit orang-orang Australia,” kata Mitsubishi Motors Australia Executive Director of Marketing Tony Principe. [dp/Ind]

Mitsubishi Fuso FJ2523 Diimpor dari India Telah Hadir




BOGOR (DP) – Pasar kendaraan komersial di Indonesia kini mendapat pilihan baru dengan dihadirkannya Mitsubishi Fuso FJ2523 oleh PT Kramayudha Tiga Berlian (KTB) yang melengkapi varian truk Fuso dengan kapasitas angkut lebih banyak dan efisien.
Dilincurkan pada hari ini  di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, New Fuso FJ2523 hadir menjawab tingginya permintaan pasar akan truk berkapasitas lebih besar untuk menunjuang kegiatan bisnis masyarakat Indonesia. KTB mengimpor truk katagori III (medium duty) dari India.
New Fuso FJ2523 6×2 Super Long dibekali mesin diesel injeksi 6373 cc bertenaga 230 hp dan torsi 813 Nm yang didukung Unitized Injection Pump berkapasitas tinggi dan Turbo Intercooler untuk pembakaran lebih optimal dan efisiensi dengan emisi bahan bakar lebih baik. Torsi yang dimiliki Fuso FJ2523 adalah terbesar ketiga di kelasnya.
Demi menjamin efisiensi, Fuso FJ2523 didukung transmisi G85 manual 6-percepatan dan engine brake dengan fitur Constant Throttle Valve dan Exhaust Brake yang turut meningkatkan efisiensi pengereman sehingga keamanan terjamin.
Kenyamanan berkendara dari dalam kabin tercipta berkat hadirnya fitur Tilt and Telescopic Steering, jok yang dapat diatur tinggi, jarak dan kemiringannya, serta panel indikator dengan variable green band dan MID. Kabin tidur di belakang memungkinkan pengemudi untuk berisitrahat jika merasa lelah saat perjalanan.
Untuk keselamatan dan kenyamanan lebih lanjut dihadirkan pula wheel track lebih lebar, suspensi parabolic dengan stabilizer, diameter dan lebar rem lebih besar dengan differential lock, dan full air brake system. Adanya interwheel differential lock mampu mengatasi slip pada roda saat melintas di jalan berlumpur dan licin.
Salah satu keunggulan dari Fuso FJ2523 adalah cab to end sepanjang 9,407 meter dengan total panjang keseluruhan 11,967 meter yang terpanjang di kelasnya, dan kapasitas tampung hingga 56,4 meter kubik. Chassis berteknologi Shot Blasted meningkatkan daya tahan dan kekokohan chassis.
Perawatan Fuso FJ2523 semakin mudah dengan adanya indikator keausan kanvas kopling yang memberikan kemudahan dan efektifitas kondisi keausan kanvas kopling saat melakukan perawatan berkala dan pergantian komponen.
KTB melucurkan Mitsubishi New Fuso FJ2523 dengan banderol harga Rp 584 juta (off the road Jakarta) berikut layanan purna jual terbaik dan lebih luas melalui 228 jaringan penjualan dan lebih dari 4500 part shop di seluruh Indonesia. [dp/Whr]

Mitsubishi Outlander PHEV Concept-S: Rumit dan Sporty

Mitsubishi Outlander PHEV Concept-S: Rumit dan Sporty















PARIS (DP) – Paris Motor Show 2014 akan menjadi tempat perkenalan Mitsubishi Outlander PHEV Concept-S. Kehadirannya tepat dua tahun setelah diluncurkannya Mitsubishi Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Mitsubushi Outlander PHEV Concept-S didesain oleh Mitsubishi dan akan menjadi versi spesial dari Mitsubishi Outlander PHEV. Eksterior dan interior-nya direvisi untuk memberikan pengalaman mengemudi lebih luas.
Mitsubishi Outlander PHEV Concept-S mencomot tema desain “Sporty and Sophisticated”. Konsep ini mengekspresikan kombinasi unik dari performa 4×4 yang didapat dari motor kembar, berjalan tanpa suara dan tenang, serta performa di jalan raya. [dp/Res]

Mitsubishi Buka Dealer ke-228

Mitsubishi Buka Dealer ke-228
TANGERANG (DP) — Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) melalui Srikandi Diamond Motors kembali melebarkan sayapnya. Kali ini dengan membuka dealer baru di Alam Sutera Tangerang, Senin.
Dealer ini menjadi dealer ke-228 di Indonesia dan ke-32 di Jabodetabek. Dealer Mitsubishi di Alam Sutera ini terluas di antara dealer-dealer lain, menempati lokasi seluas tanah 4.300m2 dan luas bangunan 11.000m2.
Dealer Srikandi Motors ini memiliki fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Part). Total investasi Rp 150 miliar dengan 125 tenaga kerja.
“Srikandi Group menjadi salah satu dealer resmi Mitsubishi sejak 1984. Dibukanya dealer ini maka semakin memperkuat penjualan Mitsubishi di wilayah Tangerang dan sekitarnya,” kata Noboru Tsuji President Director KTB.
“Diharapkan dealer ini bisa menyumbangkan penjualan sekitar 20% dari wilayah Tangerang,” tegas Noboru. [dp/Res

Mitsubishi Triton 2015 Bertambah Kuat dan Atletis

Mitsubishi Triton 2015 Bertambah Kuat dan Atletis


BANGKOK (DP) –  Mitsubishi memperkuat penampilan tangguh Mitsubishi Triton. Mitsubishi Triton 2015 tampil perdana dari Bangkok, Thailand (18/11).
Triton anyar disebut lebih efisien, menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dan meningkatkan standar untuk kinerja kemudi mobil seperti penumpang, ketenangan, dan kenyamanan berkendara di kelas ini. Dirancang untuk menjadi lebih mudah untuk manuver sebagai mobil penumpang, dengan radius putar mencapai 5,9 meter.
Penampilan eksterior lebih atletis dan modern dan diklaim memiliki aerodinamika yang terbaik pada kelasnya. Terlihat grille baru plus lampu depan yang diimbuhi dengn LED DRL (daytime running light).
Mitsubishi juga menyempurnakan setting suspensi, meningkatkan keselamatan melalui chassis dan struktur rangka lebih kokoh untuk mengurangi risiko kecelakaan, serta mengurangi tingkat kebisingan dan getaran di bodi.
Triton 2015 tersedia pilihan varian Single Cab, Double Cab dan Club Cab dengan sokongan 3 mesin salah satu mesin baru dengan materail sepenuhnya aluminium, yakni 2.4-liter MIVEC (diesel), 2.5-liter turbo diesel, dan 2.4-liter bensin. Disandingkan transmisi manual 6-speed dan otomatis 5-speed yang diakui Mitsubishi lebih efisien dari mesin sebelumnya.
Peranti pelengkap lainnya adalah dual airbag, monitor infotainment, rear view camera, engine button dan drive mode selector.
“Mitsubishi Triton sebelumnya diluncurkan pada bulan Agustus 2005 dan telah terjual sebanyak 1.260.000 unit di seluruh dunia pada September tahun ini,” imbuh Chairman dan CEO Mitsubishi, Osamu Masuko.
Generasi baru Triton akan diluncurkan secara bertahap di 150 negara di seluruh ASEAN, Oceania, Timur Tengah, Eropa, Afrika dan Amerika Latin dalam beberapa bulan mendatang. Untuk Indonesia, kita tunggu saja. [dp/Wyu]

Test Drive Mitsubishi Delica Lintas Sumatera




 


Test Drive Mitsubishi Delica Lintas Sumatera


PADANG (DP) – Jalur lintas pulau Sumatera sudah tidak asing lagi keganasannya dengan keragaman kondisi jalan yang dihiasi oleh tanjakan dan turunan curam, kelokan, ruas jalan sempit, hingga permukaan jalan rusak. Kondisi yang menantang tersebut dipilih oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Motors selaku Agen Pemegang Merek Mitsubishi di Indonesia untuk menguji produk terbarunya, Mitsubishi Delica.
Lewat acara media test drive bertajuk “Delica’s Sumatera Adventure”, Mitsubishi mengajak Dapurpacu.com dan beberapa rekan wartawan otomotif lainnya menguji ketangguhan dan kenyamanan Delica di tanah Sumatera dengan rute yang cukup menantang, yaitu Pekanbaru – Bukittinggi – Padang, pada 15-18 Oktober 2014 lalu.
Produk dengan tagline “Sport Utility MPV” ini diluncurkan pada Indonesia International Motor Show 2014 dengan harga jual Rp 409 juta (OTR Jabodetabek) dan dihadirkan untuk mengganggu pasar Hi-MPV di Indonesia yang saat ini dihuni oleh Nissan Serena, Toyota NAV1 dan Mazda Biante.
Delica diancang memadukan DNA MPV dan SUV, dibekali mesin bensin berkpasitas 2000 cc, serta kabin yang diklaim terluas di kelasnya. Tidak hanya kabin terluas, Delica juga memiliki ground clearance tertinggi dibanding produk lain di kelasnya.
Berbagai fitur dan teknologi unggulam disematkan pada Delica demi mendukung kenyamanan dan performa saat dikendarai sepertiActive Stability Control (ASC), Rib Bone Frame (RBF), Auto Stop & Go (AS&G), Hill Start Assist (HSA), Cruise Control (CC), dan Paddle Shifter untuk transmisi INVECS-III 6-Speed CVT.
Eksterior
Selayaknya bagaimana sebuah MPV, Delica memiliki desain bodi boxy (kotak), namun kesan MPV ‘biasa’ langsung lenyap saat melihat fascia depan. Grill berwarna chrome dengan sejumlah lubang udara berukuran cukup besar berjajar secara vertikal di antara kedua lampu depan membuatnya tampak garang seperti SUV. Begitu juga pada desain bumper dengan letak bibir yang tinggi dengan lekukan tegas dan lubang udara besar.
Desain buritan juga tidak luput dengan sentuhan ala SUV, tepatnya pada bumper belakang dengan pahatan garis-garis berjajar di bagian bawah, seperti terlihat pada bumper belakang Pajero Sport. Pada opsi warna gelap juga akan tampak tampilan two tone pada bumper depan dan belakang.
Desain lampu belakang tampil elegan dengan desain persegi yang dipermanis oleh garnish dua warna yang melintang di antara kedua lampu, membuat seolah keduanya menyatu. Di depan spion sebelah kiri, terdapat spion tambahan yang menghadap ke bawah untuk membantu visibilitas pengemudi ke sisi samping bawah.
Dengan ground clearance tertinggi di kelasnya, yaitu 190 mm, Delica menawarkan kemampuan untuk menerjang medan jalan bergelombang lebih mudah.
Interior
Ruang kabin Delica seolah khusus didesain sedemikian rupa untuk memanjakan penumpang. Kursi di barisan pertama dan kedua berdesain Captain Seat Bucket dengan cushion tebal dan armrest di masing-masing kursi.
Posisi duduk di kursi pengemudi terasa nyaman dengan pandangan luas ke arah depan, namun sedikit terganggu saat melihat ke samping akibat posisi pilar-A yang terlalu landai dan menjorok ke depan. Dashboard tampak elegan dengan dominasi warna hitam yang juga ada pada lingkar setir berdesain klasik.
Duduk di kursi baris kedua, langsung terasa lapangnya ruang kaki. Untuk akses masuk ke baris kedua Delica, power sliding door memudahkan penumpang dengan hanya menarik tuas, pintu secara otomatis akan terbuka, begitupun untuk menutupnya. Pengoperasian power sliding door juga dapat dilakukan dari kursi pengemudi dengan hanya menekan tombol di dashboard.
Begitu pun saat memasuki kursi baris ketiga yang dapat diatur posisinya lebih leluasa dibanding kompetitornya. Akses masuk ke baris ketiga dapat dilakukan dengan melipat bagian bawah kursi baris kedua ke atas sebelum kemudian kursi dimajukan.
Berbagai konfigurasi posisi kursi dapat diatur untuk mendapatkan kenyamanan di dalam kabin Delica. Hanya saja, demi mendapatkan ruang lebih untuk bagasi di belakang dibutuhkan usaha lebih karena kursi baris ketiga harus yang cukup berat dilipat dan diangkat ke samping, kemudian dikaitkan ke pengait di atas jendela samping. Lipatan kursi ini juga sedikit mengganggu pandangan ke arah belakang dari spion dalam.
Fitur dan teknologi
Sebagai mobil keluarga yang memiliki kemampuan SUV, Mitsubishi menjejali Delica dengan berbagai fitur untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara. ASC, AS&G, HSA, CC, Traction Control (TCL), dan Active Cornering Light (ACL) membantu memudahkan kerja pengemudi di balik setir.
Karena selama perjalanan test drive di jalur pegunungan terbilang lancar, saya tidak sempat merasakan kerja dari HSA yang menahan mobil beberapa detik saat melepas pedal rem sebelum kaki berpindah ke pedal gas saat berhenti di tanjakan.
Di sisi keselamatan saat terjadi tabrakan, selain terdapat Dual SRS Airbag di baris pertama, pengemudi mendapat perlincungan ekstra melalui Driver Knee Airbag di bawah kolom setir yang melindungi lutut pengemudi.
Satu hal sederhana namun sedikit menganggu saya adalah pintu tidak mengunci otomatis saat mobil telah melaju dalam kecepatan tertentu yang seharusnya sudah menjadi fitur standar mobil-mobil saat ini. Bahkan di mobil-mobil dengan harga lebih murah sudah memiliki fitur ini.
Hiburan di dalam mobil didukung dengan Smart Entertainent System melalui head unit layar sentuh yang tidak hanya menyediakan akses musik melalui DVD, USB dan AUX, tetapi juga menyajikan layanan navigasi melalui GPS terintegrasi.
Sayangnya, pada lingkar kemudi tidak terdapat tombol kontrol audio, sehingga pengemudi harus sedikit menggerakkan badan hanya untuk mengatur volume suara. Di setir hanya terdapat empat tombol untuk mengoperasikan fitur Cruise Control.
Performa dan Pengendalian
Saat test drive hari pertama dimulai dari Pekanbaru, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk langsung duduk di kursi pengemudi. Saat kunci kontak diputar ke posisi ON, mesin MIVEC 1.0 liter berkode 4J11 langsung meraung. Getaran mesin cukup terasa dari dalam kabin.
Menggeser tuas transmisi ke posisi D, pedal gas ditekan, respon mesin terasa lembut namun cukup berat saat diajak untuk berakselerasi. Perjalanan rombongan test drive Mitsubishi Delica yang terdiri dari 6 unit Delica ini bergerak dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam.
Sepanjang perjalanan meninggalkan kota Pekanbaru, kondisi jalan terbilang mulus dan secara bertahap menanjak dan berkelok saat memasuki Bangkinang. Dengan mencoba tetap di posisi D pada transmisi, tanjakan demi tanjakan dapat dilalui dengan mudah, saya pun memainkan paddle shifter di balik kemudi untuk meraih tenaga dan torsi optimal. Tenaga dan torsi Delica tercatat sebesar 150 hp dan 191 Nm.
Melewati jalanan berkelok di perbukitan Bangkinang, Delica terasa lincah dan dengan tanpa gejala understeer melewati tikungan-tikungan tajam dalam kecepatan cukup kencang. Namun, tingginya ground clearance Delica berkonsekuensi pada timbulnya gejala body roll saat melahap tikungan yang mana cukup mengganggu kenyamanan saat menegmudi maupun bagi para penumpang.
Saat tanjakan mulai menjadi lebih curam, saya memutuskan untuk memindahkan transmisi ke mode DS (Drive Sport & Slope), mesin pun langsung meraung keras karena putaran mesin langsung meninggi. Ya, respon mesin langsung berubah agresif, tetapi saat paddle shifter digunakan di mode ini, transmisi terkesan mengambil alih proses perpindahan gigi dengan hanya merespon saat putaran mesin sudah berada di sekitar 3000 rpm.
Selain suara keras raungan mesin yang cukup mengganggu, mode DS juga melenyapkan sensasi kesenangan menggunakan paddle shifter di mana seharusnya pengemudi bisa memindah gigi sesukanya, sesuai dengan yang diinginkan layaknya mengemudikan sports car.
Mode DS baru terasa nyaman justru saat digunakan untuk melewati turunan curam di daerah Lubuk Kilangan, Sumatera Barat saat mendekati kota Padang. Dengan menyediakan engine brake, transmisi CVT menahan laju mobil agar tidak terlalu kencang melewati turunan sekaligus meringankan kerja sistem pengereman untuk menjaga suhu rem agar tidak terlalu panas.
Soal konsumsi bahan bakar, selama perjalanan dari Pekanbaru hingga Padang bersama Mitsubishi Delica, mengambil data yang tertera melalui Multi Information Display (MID), angka konsumsi terendah Delica menunjukkan angka 11 km/liter.
Mungkin, untuk menegaskan identitasnya sebagai sebuah Sport Utility MPV, Delica akan lebih mantap dipacu jika Mitsubishi berani memberinya mesin berkapasitas lebih besar atau bahkan varian diesel. [dp/Whr]