Otosia.com -
New Fuso
FI1217 diyakini akan menciptakan segmentasi baru dalam kendaraan niaga
yaitu light-medium duty truck (L-MDT) sehingga berpeluang mendapat lebih
banyak konsumen yang karakteristik kebutuhannya sesuai dengan produk
ini. Sebagai Truk No.1 di Indonesia*, Mitsubishi Fuso menjadi pionir
dalam segmen baru ini dan belum memiliki tandingan.
New Fuso
FI1217 pernah dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show
(IIMS) 2014 lalu, dan banyak mengundang minat konsumen pada saat itu.
Varian ini memiliki konsep produk yang unik, dimana New Fuso FI1217 akan
mengisi pasar di antara segmen LDT dan MDT sehingga dapat digunakan
untuk kedua segmen tersebut. Dengan kemunculan produk baru ini, KTB
ingin menggarap pasar baru yang sesuai dengan keunikan New Fuso FI1217.
Ya,
produk ini memang unik, karena hanya dengan satu varian, dua segmen
konsumen sekaligus dapat diraih oleh produk ini. Satu-satunya produk
yang bisa mengangkut lebih banyak karena kapasitasnya yang besar
layaknya medium truck, namun tetap lincah bermanuver di medan yang
sempit karena ukuran yang kecil layaknya light truck.
“Dengan
keunikan yang dimiliki varian ini, hanya dengan satu varian, kami dapat
menyasar konsumen di dua segmen sekaligus sehingga peluang pasar lebih
besar. New Fuso FI1217 ini akan menjadi andalan baru Mitsubishi Fuso,
dan belum ada lawan” ungkap Rizwan Alamsjah selaku Executive Marketing
Director of MFTBC Marketing Division KTB.
New
Fuso FI1217 ditopang dengan mesin diesel common rail yang menghasilkan
tenaga 170 PS untuk memenuhi kebutuhan armada di antara kelas LDT dan
kelas MDT yang mampu mengangkut muatan lebih banyak hingga 11m³ dengan
Gross Vehicle Weight (GVW) 12.700 kg. Meskipun memiliki daya angkut
lebih besar, namun varian ini dapat bermanuver di medan jalan yang
sempit, sehingga biaya dan waktu pengangkutan menjadi lebih efisien dan
cepat.
“Dengan posisi produk yang unik, dikombinasikan dengan
kapasitas dan tenaga yang besar, produk ini cocok digunakan untuk
angkutan berat pada pengoperasian di jalan yang cenderung datar” ujar
Rizwan.
Tahun 2015 ini sektor konstruksi dan perkebunan
diprediksikan akan memberikan kontribusi besar pada pasar kendaran
niaga. Ini merupakan salah satu pertimbangan KTB untuk meluncurkan New
Fuso FI1217 untuk menambah line up varian yang menyesuaikan kondisi
pasar. KTB menyasar penggunaan utama New Fuso FI1217 untuk Dump Truck,
sehingga cocok digunakan untuk sektor konstruksi (pasir & batu),
perkebunan (sawit & karet) dan pertambangan (batu bara).
(kpl/prl/rd)
New Fuso FI1217 dilengkapi mesin diesel 3.907 CC bertenaga 170 PS /
2.500 rpm dengan torsi 53 Kg.m / 1.500 rpm. Maksimal GVW 12,700 kg yang
mampu mengangkut hingga 11 m³. Mesin dilengkapi dengan teknologi canggih
fuel supply system common rail 4D37 Engine sehingga penggunaan bahan
bakar lebih efisien. Diameter kopling besar, 362 mm sehingga umur
pemakaian panjang serta biaya perawatan rendah. Sistem pengereman
menggunakan Full Air Brake System sehingga lebih aman digunakan.
New Fuso FI1217 memiliki kabin lega, modern dan nyaman yang dilengkapi
dengan kursi yang dapat disesuaikan (sliding & reclining seat)
sehingga nyaman bagi pengendara, telescopic & tilt steering yang
dapat disesuaikan dengan kenyamanan pengendara, tempat penyimpanan yang
aman, serta multi information display dengan LED yang mempermudah
pengoperasian pengendara dalam mengontrol kecepatan, pemakaian bahan
bakar yang efisien.
Design Kabin Aerodinamis, modern, dan gagah. Bumper depan merupakan
single piece yang modern dan lebih kokoh. Varian ini menggunakan ukuran
ban 8.25-20-16PR, chassis dengan ukuran tinggi 230 mm, lebar 80 mm,
tebal 7 mm yang kokoh dan tangguh untuk menopang beban angkutan yang
ada. Keseluruhan kabin dibalut dengan warna yang identik dengan “Si
Kepala Kuning”.
Dengan semua keunggulan yang ditawarkan, New Fuso FI1217 membidik
konsumen yang membutuhkan volume angkut lebih besar dari LDT namun
terkendala menggunakan MDT pada kondisi jalan yang tidak memungkinkan
untuk dilalui. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 408.000.000,- (off
the road, referensi Jabodetabek), dan mulai hari ini konsumen sudah
dapat memesan New Fuso FI1217 melalui dealer Mitsubishi terdekat.
Meski varian ini masih terbilang baru, namun konsumen tidak perlu
khawatir dalam ketersediaan layanan purna jualnya. KTB telah menyiapkan
layanan purna jual pendukung untuk setiap varian yang ada, mulai dari
jaringan penjualan yang luas, ketersediaan Truck Center serta Mobile
Workshop untuk servis kendaraan, hingga Part Depo untuk menyokong
ketersediaan suku cadang.
Dengan diluncurkannya New Fuso FI1217 ini, maka secara total
Mitsubishi Fuso memiliki 29 varian yang siap memenuhi kebutuhan konsumen
akan kendaraan niaga yang sesuai dengan berbagai jenis bisnis konsumen.