Sunday 31 January 2016

All-New Pajero Sport Banjir Pesanan

Jakarta,  ”Gerak cepat” PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memberikan kesempatan inden sebelum peluncuran sejak 18 Januari 2016 lalu berbuah manis. Jumlah pemesan membludak, tercatat hingga peluncuran, Jumat (29/1/2016), mencapai 1.027 unit.

Jumlah itu di luar ekspektasi KTB, hanya dengan 10 hari pemesan mencapai lebih dari 1.000 unit. ”Ini jumlah yang fantastis, karena sebelum launching, tidak ada display (unit) di diler. Lalu, harga jual juga baru diumumkan hari ini,” ujar Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales Group KTB.

Hal tersebut menurut Imam harus diberikan apresiasi lebih. Semua konsumen yang sudah melakukan pemesanan hingga 18 Februari 2016, sudah pasti akan menjadi peserta undian berhadiah Mitsubishi All-New Pajero Sport Dakar 4x2.

Selain itu, pemesan juga akan mendapat paket aksesori seperti kaca film V-Kool, gratis biaya jasa servis hingga 50.000 km atau 4 tahun. Lalu ada juga garansi 100.000 km atau 3 tahun.

All-New Pajero Sport ditawarkan dalam lima varian warna, putih mutiara, silver, hitam, abu-abu, dan perunggu. Ada 4 tipe yang bisa diboyong, Exceed 4X2 AT, Dakar 4X2 AT, Dakar 4X4 AT, dan GLX 4X4 MT. Harga mulai Ro 446 juta utnuk tipe Exceed sampai Rp 623 juta untuk tipe Dakar 4X4 AT. Semua harga berstatus on the road Jabodetabek.KompasOtomotif

Kelebihan yang Diusung All-New Pajero Sport

 
Mitsubishi All-New Pajero Sport diluncurkan Jumat (29/1/2016).

Jakarta, Mitsubishi Indonesia resmi meluncurkan All-New Pajero Sport sebagai SUV andalan yang sudah memiliki nama besar di Indonesia. Tema ”A Vision to Explore” dipilih dengan nilai plus sebagai kendaraan tangguh yang didukung fitur berlimpah.

Ada empat karakteristik mobil disiapkan untuk dieksplor. Karakteristik dan modal utama, desain mutakhir sebagai screening awal orang untuk jatuh cinta pada mobil ini.

All-New Pajero Sport mengadopsi desain depan dengan Dynamic Shield sebagai identitas utama. Lampu depan menggunakan teknologi LED, dilengkapi DRL yang tampak dari kejauahn.

Kabin diklaim nyaman dengan Interior dan dashboard didesain khusus dengan T-shape High Console yang ergonomis. Semua varian sudah pakai jok berlapis kulit dan tombol-tombol untuk menyetel jok. Mitsubishi mengklaim lebih senyap, didukung dengan sistem hiburan premium.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Mitsubishi All New Pajero Sport.

Performa


Pada tipe Dakar, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) membekalinya dengan mesin diesel baru kode 4N15 2.400 cc turbo intercooler. Performanya lebih baik, dipadu transmisi otomatis 8 percepatan.

Mesin ini diklaim sanggup menyemburkan tenaga maksimal hingga 181 PS @3.500 rpm dan torsi puncak 429 Nm @2.500 rpm. Demi merasakan sensasi tenaganya, ada paddle shift di balik lingkar kemudi. Khusus untuk mode berkendara, Super Select 4WD dan perpindahan mode off-road bisa dilakukan hanya dengan memutar tombol.

Menariknya, Mitsubishi mengklaim mobil ini bisa ”tenggelam” atau menerjang banjir hingga kedalaman 70 cm. Bahkan dalam video presentasi, saat diuji, mobil ini sanggup melewati genangan air setinggi kap mesin!

Jangan khawatir soal fitur, Pajero Sport terbaru cukup lengkap. Kontrol traksi sudah menjadi peranti standar (Active Stability Traction Control-ASTC), ditambah dengan Trailler Stability Assist (TSA), Hill Start Assist (HAS), dan Brake Assist (BA).

Karakteristik terakhir adalah inovasi dan pendukung kenyamanan. Di antaranya, kamera monitor yang bisa melihat bagian belakang dengan luas. Lalu ada rem tangan elektrik dan sistem keamanan serta pengoperasian tanpa kunci (keyless-one start stop button). Otomania -

10 Fitur Kunci Mitsubishi All-New Pajero Sport

Jakarta, Menyandang status sebagai generasi baru, Mitsubishi All-New Pajero Sport punya beberapa fitur kunci yang akan dijadikan sebagai daya tarik utama untuk menggoda konsumen di Indonesia. Fitur-fitur ini belum ada pada generasi sebelumnya.

Tetsuro Aikawa, President and COO Mitsubishi Motors Corporation mengatakan bahwa fitur-fitur unggulan itu lahir dari empat pilar utama [Baca: 4 Karakter Utama Mitsubishi All-New Pajero Sport], disematkan sebagai respons dari keinginan konsumen.

”Kami meyakini, All-New Pajero Sport akan memberikan pengalaman dan kesempatan berkendara maksimal,” ucap Aikawa dalam peluncuran Mitsubishi All-New Pajero Sport di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (29/1/2016).

Berikut fitur-fitur unggulan yang akan menjadi daya tarik utama:
1. Desain modern. Terutama dihadirkan dari lampu-lampu (depan-belakang) dan bentukan gril.

2. Hadirnya sunroof (tipe Dakar). Ada yang bilang tidak penting, namun adanya ”jendela atap” ini cukup ampuh menambah unsur mewah.

3. Kekedapan kabin. Pengembangan peredam suara dan perbaikan pada body mounting mengurangi tingkat kebisingan cukup banyak.

4. Mesin baru 2.400 cc (tipe Dakar). Diklaim lebih bertenaga, irit bahan bakar, dan bersuara lebih halus.

5. Transmisi baru 8-percepatan (tipe Dakar). Membuat tarikan makin enteng dan konsumsi bahan bakar lebih baik.

6. Fitur keamanan terbaru. ASC, ATC, HAS, dan TSA. Semuanya mendukung kestabilan berkendara saat bermanuver, berada di tanjakan, hingga menarik beban.

7. Water Screen improvitation. Saat melewati genangan dengan kecepatan tinggi, cipratan air diproteksi hingga tak mengenai kaca depan. Hal ini sangat membantu visibilitas.

8. Wading Depth. Dengan ground clearance 218 mm, mobil bisa menerabas banjir setinggi 70 cm.

9. Monitor multi around. Memantau situasi di sekeliling kendaraan.
10. Parkir elektrik. Membantu memudahkan pengoperasian.
KompasOtomotif – 

Pajero Sport Ditarget Gusur Takhta Toyota Fortuner

Jakarta, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memberikan target cukup tinggi untuk Mitsubishi All-New Pajero Sport yang diluncurkan pada Jumat (29/1/2016) di Hotel Fairmont, Jakarta. Tak hanya mempertahankan segmen 4X4, KTB juga berharap mampu merebut segmen 4x2 yang selama ini dibawa lari Toyota Fortuner.

Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales Group KTB, mengatakan bahwa pihaknya optimistis berkat berbagai perbaikan signifikan di semua sektor, tak hanya mengandalkan mesin baru, tetapi juga fitur yang memanjakan penumpang serta tampang yang semakin modern.

"Segmen SUV kami leader di kelas 4x4 dengan share 58,8 persen. Pajero Sport terbaru ini kami harapkan juga membuat kami sebagai market leader di segmen 4x2," ucap Imam kepada wartawan seusai prosesi peluncuran.

Tahun lalu, Pajero Sport terjual rata-rata 700-900 unit sebulan (retail) dengan total penjualan setahun mencapai 9.789 unit. Angka itu melemah dibandingkan dengan performa 2014 yang rata-rata terjual di atas 1.000 unit sebulan.

Sementara itu, Fortuner sebagai pesaing utama, dari data Gaikindo, terjual 900-1.000 unit per bulan dengan total penjualan sepanjang 2015 mencapai 11.755 unit.

"Target kami tentu lebih tinggi. Kami berharap bisa menjual 1.500 unit sebulan. Varian paling banyak terjual masih sama, tipe Dakar yang pada model baru ini menggunakan mesin generasi baru," ucap Imam. KompasOtomotif —

4 Karakter Utama Mitsubishi All-New Pajero Sport


Jakarta, Mitsubishi All-New Pajero Sport meluncur dengan mengusung tema ”A Vision to Explore”. Artinya, kendaraan tangguh yang didukung fitur untuk keluarga yang gemar mencari tantangan dan berani ambil risiko. Memenuhi kebutuhan itu, empat karakteristik mobil disiapkan untuk dieksplor.

Karakteristik dan modal utama, desain mutakhir sebagai screening awal orang untuk jatuh cinta pada mobil ini. All-New Pajero Sport mengadopsi desain depan dengan Dynamic Shield sebagai identitas utama. Lampu depan menggunakan teknologi LED, dilengkapi DRL yang tampak dari kejauahn.

Modal selanjutnya, kabin yang nyaman. Interior dan dashboard didesain khusus dengan T-shape High Console yang ergonomis. Semua varian sudah pakai jok berlapis kulit dan tombol-tombol untuk menyetel jok. Mitsubishi mengklaim lebih senyap, didukung dengan sistem hiburan premium.


Stanly Ravel Interio All New Pajero Sport

Performa
Karakter menonjol lainnya, performa superior. Pada tipe Dakar, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) membekalinya dengan mesin disel baru kode 4N15 2.400 cc turbo intercooler. Performanya lebih baik, dipadu transmisi otomatik 8 percepatan.

Mesin ini diklaim sanggup menyemburkan tenaga maksimal hingga 181 PS @3.500 rpm dan torsi puncak 429 Nm @2.500 rpm. Demi merasakan sensasi tenaganya, ada paddle shift di balik lingkar kemudi. Khusus untuk mode berkendara, Super Select 4WD dan perpindahan mode off-road bisa dilakukan hanya dengan memutar tombol.

Menariknya, Mitsubishi mengklaim mobil ini bisa ”tenggelam” atau menerjang banjir hingga kedalaman 70 cm. Bahkan dalam video presentasi, saat diuji, mobil ini sanggup melewati genangan air setinggi kap mesin!

Jangan khawatir soal fitur, Pajero Sport terbaru cukup lengkap. Kontrol traksi sudah menjadi peranti standar (Active Stability Traction Control-ASTC), ditambah dengan Trailler Stability Assist (TSA), Hill Start Assist (HAS), dan Brake Assist (BA).

Karakteristik terakhir adalah inovasi dan pendukung kenyamanan. Di antaranya, kamera monitor yang bisa melihat bagian belakang dengan luas. Lalu ada rem tangan elektrik dan sistem keamanan serta pengoperasian tanpa kunci (keyless-one start stop buton).KompasOtomotif

Perang Harga Pajero Sport dan Fortuner



Jakarta,  Rivalitas dua SUV medium Pajero Sport dan Fortuner semakin memanas. Generasi baru keduanya diluncurkan dalam waktu yang hampir bersamaan. Andalan Toyota meluncur duluan, Jumat (22/1/2016) lalu, dan senjata pamungkas Mitsubishi diluncurkan hari ini, Jumat (29/1/2016), atau seminggu setelahnya.

Perang pun dimulai. Bahkan KTB sampai harus ”curi start” untuk memberikan first impression, kesempatan untuk media-media otomotif melihat dan menjajalnya meski sekilas. Kesempatan itu dilakukan beberapa hari sebelum Fortuner terbaru diluncurkan.

Sorotan utama tentu saja persaingan harga. Soal desain dan fitur relatif, bergantung kebutuhan dan selera konsumen. Banderol keduanya beda tipis, semuanya berada di atas Rp 400 juta.
Aditya Maulana/Otomania All-New Fortuner meluncur di Indonesia

Tipe termurah Pajero Sport terbaru adalah Exceed 4X2 AT dengan banderol Rp 446 juta. Sementara tipe dengan transmisi manual adalah GLX 4X4 MT seharga Rp 495 juta.

Adapun tipe terendah New Fortuner adalah G 2.4 AT 4X2 dengan harga 442 juta, dan yang tertinggi yaitu VRZ 2.4 MT 4X4. Meski harga tipe ini tidak diumumkan atau berdasar pesanan, tetapi bocoran dari diler harganya tembus Rp 630 jutaan.

Berikut perbandingan harga dua rival tersebut:

Mitsubishi All-New Pajero Sport
Exceed 4X2 AT   Rp 446 juta
GLX 4X4 MT Rp 495 juta
Dakar 4X2 AT Rp 496 juta
Dakar 4X4 AT Rp 623 juta

Toyota All-New Fortuner
Toyota Fortuner G 2.4 M/T 4x2 Rp 442 juta
Toyota Fortuner G 2.4 A/T 4x2 Rp 460 juta
Toyota Fortuner G 2.4 A/T 4x4 Rp 557 juta
Toyota Fortuner SRZ 2.7 4x2 A/T Rp 509,1 juta
Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 A/T Rp 494 juta
Toyota Fortuner VRZ 2.4 M/T 4x4 harga sesuai pesanan.
KompasOtomotif

Toyota Fortuner Sambut Peluncuran Mitsubishi Pajero Sport

Yogyakarta,Melangkah lebih awal dengan meluncurkan produk baru duluan, PT Toyota Astra Motor dengan andalan generasi terbaru Fortuner menyambut kehadiran rival sekaligus kawan, Mitsubishi "All New" Pajero Sport. Kedua model sama-sama saling berjibaku di segmen sport utility vehicle (SUV) menengah.

"Apapun itu, namanya persaingan ujung-ujungnya baik bagi konsumen. Produsen akan berlomba-lomba memberikan produk dan layanan terbaik nantinya," kata Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) di sela test drive "All New" Fortuner di Yogyakarta, Kamis (28/1/2015) malam.

Rencananya, Mitsubishi akan meluncurkan "All New" Pajero Sport di salah satu hotel bintang lima di Jakarta Selatan, hari ini (Jumat, 29/1/2016). Tahun ini, kata Henry, ia berharap dengan diluncurkannya dua model terbaru "All New" Fortuner dan Pajero Sport, akan mendongkrak total penjualan di segmen ini.

"Tahun lalu, total pasar ini sekitar 44.000 unit, tahun ini saya pikir bakal bertambah menjadi sekitar 50.000 unit," kata Henry.

Sementara itu, pihak Toyota masih menargetkan kinerja penjualan bisa bertahan sebagai pemimpin pasar di segmen 4x2. "Konsumen, bakal lebih banyak pilihan nantinya, dan ini baik untuk industri juga," ucap Henry. KompasOtomotif -

Ada Fitur di All-New Pajero Sport yang "Disunat", Apa Saja?

Jakarta,  Mitsubishi All-New Pajero Sport versi Indonesia yang diluncurkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Jumat (29/1/2015) di Jakarta, punya fitur yang tak sebanyak versi Thailand. Ada beberapa yang "disunat", menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di Indonesia.

Corporate General Manager of Mitsubishi Motors Corporation Koichi Namiki, usai peluncuran, mengakui bahwa ada beberapa fitur yang tidak disertakan untuk versi yang dipasarkan di Indonesia. Ini bukan karena mengejar harga, melainkan karena menyesuaikan kondisi.

"Ada keunikan, di beberapa pasar diterapkan teknologi advanced. Misalnya, di Indonesia yang terkenal dengan banyaknya sepeda motor, teknologi peringatan kendaraan mendekat akan terus menyala karena mendeteksi pergerakan yang tak biasa. Padahal, itu tidak perlu," kata Namiki.

Beberapa teknologi yang tak di-install pada mobil ini semisal Forward Collision Mitigation, yang sanggup mengaktifkan rem saat mobil melaju dalam kecepatan tertentu dan mendeteksi kondisi bahwa mobil akan menabrak. Selain itu, fitur Blind Spot Monitoring, yang mendeteksi kendaraan di area tak terlihat, juga tak dipakai.

Lainnya, Ultrasonic Mist Acceleration Mitigation System (UMS) juga tidak disertakan. Saat mobil sedang stasioner atau melaju di atas 10 kpj, sensor ultrasonik mendeteksi sekeliling kendaraan, lalu menyesuaikan tenaga mesin saat pengemudi tiba-tiba menginjak gas (karena kesalahan).

Fungsi semacam cruise control juga dihilangkan mengingat jalanan Indonesia yang padat dan tidak memungkinkan fitur ini untuk dimaksimalkan.

Kendati demikian, Namiki mengatakan bahwa Mitsubishi akan terus mempelajari permintaan pasar dan konsumen. "Kami terus (mempelajari kebutuhan pasar). Jika perlu tambah fitur, sudah pasti kami akan menyertakannya," ujar Namiki.KompasOtomotif —

Sensasi di Balik Desain Mungil Mitsubishi Mirage


Jakarta,Sesuai kelasnya yang bermain di segmen city car, Mitsubishi Mirage pun memiliki dimensi bodi yang lebih kecil dibandingkan hatchback. Namun dengan dimensi tersebut tak membuat sisi kabin kehilangan kenyamanan.

Masuk dan duduk di belakang kemudi sama sekali tidak ada kesan sempit atau sesak. Jarak antara atap dan kepala masih ada jeda yang cukup lapang, begitu juga untuk legroom yang membuat pengendara lebih leluasa untuk bergerak.

Kelapangan kabin bukan hanya ada pada baris pertama, tapi juga di baris kedua. Lagi-lagi meski dimensinya mungil ternyata leg room dan head room Mirage terbilang masih nyaman, hal ini tak lepas dari tata ruang yang cukup baik, namun jangan berharap banyak pada sisi bagasinya.
Stanly/Otomania Kabin Mitsubishi
Bicara soal tampilan interior memang tidak ada yang spesial. Hampir seluruhnya didominasi oleh warna hitam, kecuali box penyimpanan barang di bangku penumpang baris pertama, door trim, dan juga kemudi yang diberi sedikit list berwarna silver.

Stanly/Otomania Kabin Mirage

Sedangkan untuk jok, mulai dari baris pertama hingga kedua hanya dilapis bahan fabrik biasa.

Kemudahan

Meski terlihat sederhana, tapi Mitsubishi cukup fokus memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang Mirage. Hal ini ditunjukan dengan hadirnya tombol audio control pada tuas kemudi yang membuat pengendara tak perlu menjangkau head unit, bahkan sistem multi information display (MID) yang ada pada speedometer juga lengkap memberikan informasi kendaraan.

Stanly/Otomania Fitur Mirage

Mitsubishi Mirage Exceed yang dijual sebesar Rp 184 juta ini juga memiliki banyak fitur cangih untuk memudahkan penendaranya. Mulai dari tombol star/stop engine, keyless entry. Otomania -

Kata Rifat Sungkar soal Pajero Sport

Jakarta, Meski statusnya sebagai brand ambassador Mitsubishi Indonesia, pereli nasional Rifat Sungkar punya banyak pengalaman dengan Pajero Sport. Pria yang sudah dikaruniai dua orang anak ini memiliki varian Dakar 4WD selama empat tahun, sekarang ia berkomentar soal model “All-New” yang siap diluncurkan di Indonesia.
Rifat mengatakan sudah mengintimi dengan generasi kedua Pajero Sport saat proses pengambilan film untuk kebutuhan Mitsubishi Indonesia. Kesan yang dia ungkap All-New Pajero Sport benar-benar mobil baru.
Febri Ardani/KompasOtomotif Rifat Sungkar berposer bersama generasi pertama (kiri) dan generasi kedua Mitsubishi All-New Pajero Sport.
Selain paham soal Pajero Sport, Rifat juga tahu banyak soal model Mitsubishi yang lain. Hampir semua model ia pernah coba, mulai dari mobil kota Mirage, crossover Outlander, hingga sang legendaris jagoan reli sedan Evolution. Menurut dia, rasa mengendarai All-New Pajero Sport tidak bisa disamakan dengan model Mitsubishi lainnya. “Semua konstruksinya diganti, ini bukan mobil yang dikembangkan dari model lama, tapi benar-benar mobil baru. Suspensi yang buat Pajero Sport seperti jadi mobil lain,” kata Rifat saat Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menggelar sesi uji berkendara singkat All-New Pajero Sport di Ancol, Jakarta, Rabu (20/1/2016).
Suspensi
Sistem peredam kejut All-New Pajero Sport menopang dua hal, yaitu kenyamanan optimal buat penumpang di kabin dan handling prima di berbagai kondisi jalan. Bukan hanya suspensi yang diganti, melainkan juga sebagian besar konstruksi rangka diperkuat agar bodi lebih ringan dan dinamis.
“Saya waktu syuting itu kan sudah coba, ini mobil empuk banget waktu dicoba lewat lubang segala macam enggak nemuin batas akhir batas bawahnya, sampai mentok. Travel suspensinya boleh juga,” ulas Rifat.
Performa
Salah satu ciri Dakar 4WD model lama, kata Rifat, yakni tenaga dan torsi besar dari mesin 4D56 2.5L yang sanggup bikin hentakan besar kalau pedal gas ditekan. Pada generasi kedua dengan mesin baru 4N15 MIVEC 2.4L tenaga dan torsi lebih besar lagi, tetapi hasilnya minim hentakan karena sekarang memakai transmisi otomatis 8-percepatan.
“Berhubung Dakar yang lama sudah powerfull, ini lebih powerfull lagi. Noise-nya ga ada. Kenapa mesinnya enggak terlalu menghentak, enggak berasa kencang, karena giginya dibagi delapan. Orang bilang lebih kencang Dakar lama, saya udah tes drag race 0 – 100 kpj, mobil ini (All-New Pajero Sport) selalu di depan ¾ bodi,” ujar Rifat.
Transmisi 8-percepatan mengubah gaya mengemudi. Rifat bilang, pada Dakar 4WD model lama, saat tenaga sedang kendur lantas gas mulai dibuka terjadi hentakan karena turbo mulai bekerja. Tetapi, pada model baru gejala itu berkurang, setiap tenaga mengendur masih dalam rentang rpm turbo aktif. Sehingga, begitu gas dibuka hentakannya minim, malah membantu akselerasi lebih halus.
“Nah, sekarang tiap kali tenaga drop masih di rentang turbo aktif jadi enggak berasa hilang dan tidak ada hentakan. Kalau di mobil reli dulu ini namanya anti-lag system. Kalau yang ini ‘disentil’ sedikit sudah dapat gigi yang pas,” urai Rifat.
Menurut Rifat lagi, pada tahap awal, penetrasi Pajero Sport baru dengan desain modern tidak bisa langsung diterima sepenuhnya di kalangan pemilik model lama. Beberapa hal yang jadi perhatian, image Pajero Sport dekat dengan Triton yang punya kesan tangguh dan kaku, terlalu cinta dengan desain lama, dan usia dewasa di atas 40 tahun yang susah terima perubahan.
“Tetapi, ini cuma masalah waktu saja, nanti kelamaan hilang karena cepat atau lambat semua mobil Mitsubisihi akan begini,” katanya. KompasOtomotif

Alasan Mitsubishi Pertahankan Mesin Lama Pajero Sport

Jakarta,  Mitsubishi All-New Pajero Sport di Indonesia akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin diesel, tipe lama seperti model sebelumnya, 4D56 2.5L, dan terbaru 4N15 MIVEC 2.4L turbo. Menurut Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) alasan mempertahankan mesin lama didorong target pasar dan visibilitas daya beli masyarakat.
KTB berambisi menjadikan Indonesia pasar terbesar Pajero Sport di seluruh dunia. Saat ini gelar itu masih dipegang Filipina walau total penjualan pada 2015 lalu dikatakan hanya terpaut 120-an unit dengan Indonesia.
Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales Group KTB, mengakui mesin baru untuk menjawab permintaan konsumen yang menginginkan pengembangan berupa teknologi tinggi. Namun pasar buat mesin lama di dalam negeri tetap besar karena harga jual lebih murah jadi lebih terjangkau.
“4D56 itu kan basis konsep mesin yang sudah familiar di masyarakat Indonesia. Dipakai di L300, Triton, dan Pajero Sport. Ini mesin tua tapi masih andal,” kata Imam di Jakarta, Rabu (20/1/2016).
Strategi duo mesin diesel ini bisa dilakukan karena tidak ada masalah dengan 4D56 terkait batas regulasi emisi bahan bakar di Indonesia. Di Thailand, produsen global Pajero Sport, mesin baru 4N15 ditujukan untuk memenuhi perkembangan EURO VI dan menghindari beban pajak baru mulai Januari 2016 berdasarkan emisi karbon (CO2). Sementara di Indonesia masih EURO II.
Pajero Sport generasi kedua hanya punya empat varian, GLX 2.5L 4WD Manual, Exceed 2.5L 4X2 Otomatis 5-percepatan, Dakar 2.4L 4X2 Otomatis 8-percepatan, dan Dakar 2.4L 4WD Otomatis 8-percepatan. Pada generasi pertama ada enam varian, itu berarti ada dua yang hilang yaitu GLS 4X2 dan bensin V6 3.0L.KompasOtomotif

Daftar Komplet Varian "All-New" Pajero Sport

Jakarta,Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua yang bakal meluncur pada 29 Januari 2016 akan ditawarkan dalam empat varian, yaitu GLX 2.5L 4WD Manual, Exceed 2.5L 4X2 Otomatis 5-percepatan, Dakar 2.4L 4X2 Otomatis 8-percepatan, dan Dakar 2.4L 4WD Otomatis 8-percepatan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin baru Mitsubishi All-New Pajero Sport, 4N15 4-silinder 2.4L MIVEC turbo bertenaga 178 tk @3.500 rpm dan torsi 430 Nm @2.500 rpm, Terdapat dua pilihan transmisi, manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan.
Strategi Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyematkan duo mesin diesel buat generasi kedua Pajero Sport di Indonesia jelas terbaca. Mesin diesel pada generasi pertama, 4D56 2.5L, tetap digunakan pada GLX dan Exceed, sedangkan mesin baru, 4N15 MIVEC 2.4L turbo, cuma tersedia pada varian Dakar. Sistem gerak 4WD tersedia pada varian terbawah GLX yang ditujukan untuk segmen pembeli “borongan” alias fleet. Operasional 4WD pada GLX menggunakan tuas seperti model lama, sedangkan Dakar 4WD memiliki tombol putar buat fitur Super Select 4WD II plus punya mode traksi tergantung kondisi permukaan jalan.

Stanly/Otomania All New Pajero 2016
Spesifikasi model Indonesia tidak sama dengan versi Thailand, KTB memilih memangkas beberapa fitur atas dasar kecocokan pasar. Di antaranya yang tidak tersedia di dalam negeri, hill desent control, forward collision mitigation, dan ultrasonic misacceleration mitigation. Satu hal lain yang beda, varian Dakar dilengkapi sunroof yang tidak tersedia di Thailand. "Terus terang, berdasarkan survey kami mempertimbangkan harga. Ada beberapa fitur memang bagus tapi cocok atau tidak dengan kondisi jalan di Indonesia? Tidak semuanya diadopsi dari Thailand, hanya fitur-fitur yang betul-betul efektif," ujar Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales Group KTB di Ancol, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Menurut Imam Pajero Sport sudah diterima baik di Indonesia sejak diluncurkan pertama kali pada 2009. Ia mengatakan generasi kedua akan melanjutkan tren itu, bahkan Indonesia ditargetkan jadi pasar terbesar buat Pajero Sport di seluruh dunia. KompasOtomotif