Tuesday 26 July 2016

Mitsubishi Mirage Baru Bukan "Tulang Punggung"

Jakarta, KompasOtomotif – Agustus 2016 mendatang, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meluncurkan Mirage terbaru. Model lama otomatis akan tergusur, namun beban untuk model baru tak terlalu berat, karena perkiraan target tak akan banyak berubah dari Mirage lama.
Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales Group KTB, mengatakan bahwa saat ini Mirage masih terjual di kisaran 400 unit. Saat model baru datang, target hanya dinaikkan menjadi 500 unit per bulan.
”Saat ini masih stabil di 400 unit sebulan. Sempat turun menjadi 300-an unit per bulan karena ada kenaikan Rp 5 juta pada April lalu. Tapi kami yakin akan kembali stabil,” kata Imam, (17/6/2016).
Soal kenaikan target yang tak banyak, Imam mengatakan bahwa pasar city car segmen A memang kecil. Bahkan jika dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Januari-Mei 2016, terjadi penurunan sampai 50 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Mirage sendiri berhasil meraih pangsa pasar 18 persen. ”Dulu sebelum ada Mirage Sport, market share kami di kelas ini masih di 9-11 persen. Sekarang sudah naik 16-18 persen,” kata Imam.
Berdasarkan data wholesales Gaikindo, penjualan Mirage sepanjang empat bulan pertama tahun ini sudah mencapai 1.503 unit. Rata-rata perbulan di atas 300 unit atau paling tinggi pada Januari 352 unit.

Sesumbar LMPV Mitsubishi Lebih Baik dari Avanza



Jakarta, KompasOtomotif – Ketika agen tunggal pemegang merek (ATPM) membicarakan model andalannya, kampanye "kecap terbaik" kerap muncul. Tak terkecuali PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) saat mengampanyekan calon low multi purpose vehicle (LMPV) yang mau diluncurkan akhir 2017 mendatang.
Meski belum punya bukti, Imam Choeru Cahya, Group Head MMC Sales Group MMC Marketing Division KTB mengaku optimis pada calon model terlaris Mitsubishi di Indonesia ini. Respons positif, diyakini akan terpancar dari kalangan konsumen.
“Harus optimis, karena segmen ini yang paling besar potensi pasarnya. Segmennya memang ada di deretan seperti Avanza, namun kualitas produknya akan lebih dari yang ada tersebut, lebih bagus pastinya small MPV milik Mitsubishi,” ujar Imam, Selasa (3/5/2016).
Bertanya mengenai model dan harga yang akan dibanderol, Imam belum ingin membocorkan. “Pokoknya kejutan, kami sudah belajar tentunya dari yang sudah ada, maka dari itu akan lebih baik” tutur Imam.
Dari modelnya, wujud small MPV akan terinsprasi dari konsep Active Runabout (AR), yang pernah diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show 2014. Namun, versi produksinya akan berbeda.
Sementara dari harganya sendiri, jika memang posisinya ada di jajaran Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, diperkirakan ada di Rp 180 juta sampai Rp 220 jutaan, jika harga mobil di segmen ini tidak terkerek.

"MPV Sejuta Umat" Mitsubishi Mulai Debut Agustus


Denpasar, KompasOtomotif — Mulai tahun depan, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) siap ikut bermain di segmen kendaraan multiguna (small multi-purpose vehicle/MPV) low di Tanah Air. Rencananya, "mobil sejuta umat" Mitsubishi ini akan memulai debut di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2016 mendatang.
Head of Public Relation PT KTB Intan Vidiasari menuturkan, prototipe yang dipamerkan di GIIAS, Agustus mendatang, belum seutuhnya versi produksi. Sebab, pasti ada ubahan lain sampai mobil tersebut masuk ke jalur perakitan massal.
"Bentuk prototipenya masih seperti konsep. Kita hadirkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa kendaraan yang akan kami jual kurang lebih seperti ini," ucap Intan di sela acara media test drive All New Pajero Sport di Denpasar, Sabtu (14/5/2016).
Intan melanjutkan, small MPV tersebut mulai diproduksi secara massal pada Oktober 2017 di pabrik Mitsubsihi di Kawasan Industri GIIC, Deltamas, Bekasi. Ditargetkan, hingga Desember sudah diproduksi 80.000 unit.
"Kita juga akan melakukan pemesanan small MPV itu pada Oktober 2017. Kalau di GIIAS 2016, konsumen belum bisa pesan, tetapi baru kita buka pada tahun depannya," ucap Intan.
Lebih lanjut, kata Intan, tahun depannya, KTB akan mempelajari untuk pasar ekspor, tetapi masih fokus menggarap negara ASEAN, seperti Vietnam, Thailand, hingga Filipina. Setelah itu, baru menjajaki negara-negara di Amerika Latin.
"Tetapi, kita belum putuskan negara mana yang akan kita tunjuk untuk ekspor small MPV nanti. Sementara informasinya masih sebatas itu, tunggu perkembangannya lagi," ujar Intan.

New Mirage Resmi Mengaspal di Indonesia

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah Maret 2016 lalu tampil di Bangkok Motor Show, mobil kota Mitsubishi New Mirage dengan penyegaran baru akhirnya resmi mengaspal di Indonesia, Selasa (26/7/2016). Model Mirage pertama sudah masuk daftar model-model mobil Mitsubishi yang dipasarkan sejak tahun 2012 lalu. New Mirage kali ini diklaim tampil dengan desain lebih stylish dan sporty dari sisi eksterior maupun interior, sesuai dengan tema yang diusung, yaitu "Eksplorasi Gayamu". Osamu Iwaba, Executive General Manager Mitsubishi Motor Corporation (MMC) Marketing Division, menyampaikan bahwa produk baru New Mirage memiliki banyak fitur yang bisa memanjakan pemiliknya.
"Ini merupakan produk kedua setelah meluncurnya Pajero Sport. Banyak fitur yang disematkan pada produk baru ini, serta beberapa perubahan dibanding sebelumnya pada bagian grille, tambahan warna baru, dari sisi interior, lalu irit bahan bakar, dan masih banyak yang lainnya," ujar Osamu Iwaba.
Ghulam/KompasOtomotif Mitsubishi New Mirage yang baru diluncurkan di Indonesia.
Irwan Kuncoro, Operation General Manager MMC Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, menambahkan, kehadiran New Mirage ini merupakan komitmen Mitsubishi untuk menyediakan pilihan terbaik untuk konsumen.
“Dengan pengembangan ini, New Mirage memperluas target konsumennya ke mahasiswa dan pelajar yang berjiwa muda. Lebih dari itu, produk ini juga mengakomodasi konsumen yang berorientasi pada kepraktisan dan irit bahan bakar,” ucap Irwan.

New Mirage akan dipasarkan dengan harga kisaran sementara mulai dari Rp 175 juta sampai Rp 195 juta OTR Jakarta. Detail harganya akan diinformasikan pada saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus 2016 mendatang. New Mirage akan memulai masa inden pada Agustus 2016, dan dapat dipesan di semua diler resmi Mitsubishi.

Detail Baru Interior dan Eksterior New Mirage


Jakarta, KompasOtomotif – Setelah empat tahun eksis di pasar city car Tanah Air sejak 2016, New Mirage akhirnya mendapatkan penyegaran baru. Perubahan bukan hanya dari sisi eksterior tapi juga interior.
New Mirage hadir dengan lima pilhan warna, White Pearl, Red Metallic, Black Mica dan Titanium Gray serta warna baru Wine Red Pearl. Dibanding dengan sebelumnya New Mirage kali ini punya front bumper dan desain gril baru, yang dibalut warna chrome.
Selain bagian depan, ubahan juga ada pada bemper belakang lebih bernuansa aerodinamis. Khusus untuk tipe Exceed dan GLS dilengkapi dengan sensor parkir, untuk menghindari benturna pada bagian belakang. Bagian kaki-kaki dilengkapi dengan desain baru velg alloy 15 inci (Exceed dan GLS) serta 14 inci untuk tipe GLX.
Di sisi eksterior juga ditambahkan rear spiler dengan lampu LED dan lengkap dengan intermitten wiper berikut washer-nya.

Ghulam/KompasOtomotif Mitsubishi New Mirage
Interior
Masuk kebagian dalam, meter cluster New Mirage kini tampil baru dengan multi information display (MID), untuk memberikan informasi kepada pengemudi, sebagai penunjang kenyamanan berkendara. Pada meter cluster ini juga hadir dengan eco indicator, untuk memberikan informasi pengemudi untuk menjaga kondisi mengemudi yang efisien.
Desain kemudi juga diperbaharui, di mana aksen piano black disematkan untuk tipe tertinggi Exceed, sementara aksen silver garnish untuk tipe GLS dan GLX.
Bagia interior khususnya untuk penumpang yang dilengkapi dengan headrest yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kenyamanan. Untuk tipe tertinggi, dilengkapi dengan fitur keyless operating system (KOS) dan OneStart Stop System (OSS).

Ghulam/KompasOtomotif Mitsubishi New Mirage