Tuesday 27 January 2015

Wanita Haram Mengemudi? Bukan Cuma di Arab

New York - Larangan mengemudi bagi kaum hawa tak hanya dilakukan oleh negara-negara dengan tingkat religius tinggi seperti di Jazirah Arab saja. Rupanya, di negara liberal seperti AS pun juga terdapat aturan demikian.

Salah satu negara bagian yang menerapkan aturan dilarang mengemudi bagi perempuan adalah New York. Ada sebuah desa di New York dimana para perempuan yang tinggal di sana tidak diperkenankan untuk mengemudi.

Aturan unik ini sebenarnya bukan dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah setempat. Namun, aturan ini berasal dari komunitas agama Yahudi Hasidic.

Dikatakan, bagi komunitas tersebut, berada di balik kemudi akan membuat para wanita menjadi angkuh dan melanggar norma kesopanan, demikian dilansir dari Autoblog, Senin (26/1/2015).

Aturan ini pun memakan 'korban'. Salah seorang wanita penduduk desa tersebut yakni Frimet Goldberger menceritakan jika ia terpaksa harus hengkang dari kota tersebut bersama dengan suaminya.

Wanita ini menjelaskan jika aturan adat di desa tersebut menjadi suatu pengalaman mengemudi yang mengerikan. Padahal, Goldberger telah memiliki SIM sejak usia 23 tahun.Liputan6.com

No comments:

Post a Comment