Thursday 15 January 2015

Tips Mencegah Si Buah Hati Mabuk Perjalanan



Otosia.com - Perjalanan keluar kota bersama keluarga di akhir pekan memang menyenangkan. Namun, apa jadinya jika si buah hati mengalami mabuk darat saat di perjalanan? Tentu hal ini akan sangat merepotkan Anda.
Mabuk perjalanan itu sendiri merupakan gejala yang muncul ketika otak menerima informasi yang tak selaras dari indera pendengaran, pengelihatan, dan perasa lainnya. Gejala yang muncul biasanya mual, pusing, keringat dingin, sampai muntah.
Lalu adakah cara untuk mencegahnya? Berikut beberapa tips agar anak tidak terserang mabuk perjalanan saat berlibur.(kpl/fid/fjr)
1. Selaraskan Indera Perasa
http://cdn.klimg.com/otosia.com/resized/475x/p/baca34d.jpg 
Salah satu cara adalah dengan meminta anak untuk melihat ke luar. Tujuannya agar informasi yang diterima otak selaras. Jangan biarkan buah hati melakukan kegiatan yang terfokus pada satu hal, seperti membaca buku atau bermain video games.
2. Beri Makanan yang Tepat
http://cdn.klimg.com/otosia.com/resized/475x/p/breakfastwll.jpg 
Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya perut si kecil dalam keadaan terisi. Pastikan makanan yang dikonsumsi tak berisiko menyebabkan mabuk darat, seperti makanan pedas atau berminyak.
3. Jaga Sirkulasi Udara Kabin
http://cdn.klimg.com/otosia.com/resized/475x/p/sirkulasiuq8.jpg 
Pewangi ruangan yang terlalu menyengat terkadang justru bisa menyebabkan si kecil terserang mabuk perjalanan. Pastikan kabin berada dalam keadaan dan suhu udara yang kondusif.
4. Alihkan Perhatiannya
http://cdn.klimg.com/otosia.com/resized/475x/p/mom-driving-600xcdi.jpg 
Selama perjalanan, ajak si kecil melakukan aktifitas bersama. Coba alihkan perhatiannya dengan mengajak berbicara atau bernyanyi.
5. Gunakan Obat Anti Mabuk 
http://cdn.klimg.com/otosia.com/resized/475x/p/670px-deal-with-car-sickness-step-1777.jpg 
Jika anak Anda berusia di atas dua tahun, penggunaan obat anti mabuk perjalanan bisa menjadi alternatif. Saat ini sudah banyak obat anti mabuk yang komposisinya disesuaikan untuk anak-anak.    

No comments:

Post a Comment