Wednesday 14 January 2015

Small MPV Mitsubishi Jelmaan dari Concept AR?


Small MPV Mitsubishi Jelmaan dari Concept AR?
Small MPV Mitsubishi Delica (foto: Tatan)
Otosia.com - Mobil keluarga atau MPV (multi purpose vehicle) adalah segmen kendaraan yang sangat menjanjikan di pasar otomotif nasional. Hingga saat ini, para agen pemegang merek (APM) pun masih mencoba mengembangkan produk yang masih menjadi idola konsumen Indonesia ini.
Tak puas dengan hanya menjual MPV, 10 tahun yang lalu, para produsen mencoba membuat segmen baru yaitu low MPV yang dimulai dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Saat itu, produk kembar ini pun laku keras. Sukses ini pun mulai diikuti oleh APM lain seperti Suzuki, Chevrolet, Honda dan lainnya.
Melihat pasar mobil keluarga yang masih menjanjikan tersebut, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pada tahun 2017 mendatang akan mencoba menikmati pasar gemuk tersebut. Dengan investasi US$ 600 juta yang dikucurkan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Jepang untuk membangun pabrik baru di kawasan industri Delta Mas, Cikarang, Bekasi.
"Pabrik baru ini akan siap pada tahun 2017 nanti. Dengan kapasitas produksi 160 unit per bulan dan akan terus meningkat hingga 250 unit. Nantinya, pabrik ini akan memproduksi small MPV, Colt 300 dan Colt T120SS," ungkap Osamu Masuko, Chairman & CEO Mitsubishi Motors Corporation.
Lebih lanjut Masuko menyebutkan bahwa small MPV yang akan diproduksi dan dipasarkan pada tahun 2017 nanti, mengambil basic dari Mitsubishi Concept AR dan Delica yang memiliki ground clearance tertinggi di kelasnya. Namun, Masuko tidak menjelaskan secara rinci kapasitas mesin yang akan mengusung small MPV itu.
"Small MPV yang saat ini masih dikembangkan oleh MMC, desainnya bisa saja mengambil dari Concept AR. Atau kemungkinan besar tidak jauh berbeda dari Mitsubishi Delica," ujar Duljatmono, Operating General Manager of MMC KTB.
Mitsubishi Concept AR (Active Runabout) adalah mobil konsep yang mengadaptasi @earth Technology. Mobil ini mampu memberi performa yang nyaman bahkan dalam kondisi penuh sekalipun. Mobil ini mengkombinasikan lapangnya kabin MPV dan lincahnya SUV.

No comments:

Post a Comment