Monday 16 February 2015

2015, Mitsubishi Fuso Incar 50 Persen Pangsa Pasar Kendaraan Niaga

 
2015, Mitsubishi Fuso Incar 50 Persen Pangsa Pasar Kendaraan Niaga

PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) siap menghadapi tahun 2015 untuk tetap mendominasi pasar sebagai Truk No.1 di Indonesia.
Tahun 2014 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi pasar kendaraan niaga di Indonesia. Penurunan di sektor pertambangan, Pemilihan Umum, lemahnya pertumbuhan ekonomi global yang menyebabkan depresiasi nilai rupiah, hingga kenaikan BBM berdampak pada melemahnya pasar kendaraan niaga. Imbasnya, para pebisnis yang notabene merupakan konsumen kendaraan niaga cenderung menunda / membatasi pembelian kendaraan. Pada akhirnya, penurunan angka penjualan di pasar kendaraan niaga tak dapat dihindari.
Meskipun kondisi pasar 2014 kurang kondusif, KTB yakin pasar 2015 akan lebih stabil karena di awal tahun ini Pemerintah Indonesia menurunkan harga BBM yang sempat melambung di akhir 2014 lalu. Ini merupakan angin segar bagi berbagai sektor, dan berharap kondisi pasar di tahun 2015 semakin stabil. Selain itu, sektor infrastruktur, logistik dan perkebunan juga diprediksi meningkat, sehingga KTB akan fokus meningkatkan penjulaan produk di sektor tersebut.(kpl/prl/rd)


1. Review 2014
   
2015, Mitsubishi Fuso Incar 50 Persen Pangsa Pasar Kendaraan Niaga

Merujuk data penjualan secara retail sales, pasar kendaraan niaga nasional selama tahun 2014 mencatatkan angka penjualan 120.305 unit*, mengalami penurunan -16.9 persen dibandingkan tahun 2013. Tentunya penurunan ini dirasakan imbasnya oleh seluruh brand di industri otomotif, baik kendaraan niaga maupun kendaraan penumpang.
Meskipun pasar kendaraan niaga menurun, perolehan pangsa pasar Truk Mitsubishi justru mengalami kenaikan dengan menguasai 46,8 persen pangsa pasar, sedangkan di tahun 2013 memperoleh 45,4 persen. Hal ini semakin memperkuat posisi Truk Mitsubishi sebagai market leader selama 44 tahun.
“Pasar kendaraan komersial secara keseluruhan menurun, namun market share kami justru meningkat selama tiga tahun berturut-turut” ujar Rizwan Alamsjah selaku Executive Marketing Director KTB.
Market share Mitsubishi meningkat selama tiga tahun berturut-turut.
Masih mengacu pada data penjualan retail sales, penjualan kendaraan niaga Truk Mitsubishi dari Januari – Desember 2014 tercatat sebanyak 56.270 unit, dimana penjualan terbesar berasal dari Colt Diesel yang termasuk dalam segmen light duty truck, yang selama tahun 2014 tercatat sebanyak 51.996 unit, menguasai 54,1 persen pangsa pasar di kelasnya.
Sedangkan untuk kelas medium duty truck, Fuso memperoleh 4.628 unit dengan 22,1 persen pangsa pasar. Perolehan pangsa pasar Fuso cenderung meningkat semenjak peluncuran varian baru di kelas MDT sepanjang tahun 2014 lalu, dimana KTB lebih banyak meluncurkan varian di kelas MDT. Hal ini memberikan indikasi bahwa produk-produk yang diluncurkan KTB dapat diterima dengan baik oleh pasar.
Perolehan Market Share Mitsubishi Colt Diesel dan Fuso Selama Tahun 2014
Tahun 2014 juga merupakan momentum dari kehadiran New Fuso di Indonesia di kategori MDT untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan chassis yang lebih panjang untuk bisnis logistik / kargo dan juga angkutan di segmen konstruksi. New Fuso merupakan varian yang diimpor langsung dari pusat perakitan MFTBC di wilayah Asia. Produk ini mengadopsi mesin serta teknologi canggih truk Fuso yang sudah beredar di beberapa negara Asia lainnya, namun tetap dapat beradaptasi dengan kondisi serta bahan bakar yang ada di Indonesia.


2. Target dan Pengembangan 2015
2015, Mitsubishi Fuso Incar 50 Persen Pangsa Pasar Kendaraan Niaga

Bercermin pada hasil penjualan di tahun lalu, KTB tidak mematok target tinggi untuk tahun 2015. “Pasar masih belum stabil, maka dari itu kami realistis memasang target yang dapat kami capai. Paling besar naik 10 persen” ujar Rizwan.
Dengan target lebih dari 60.000 unit di tahun 2015, KTB yakin perolehan pangsa pasar Mitsubishi Fuso akan semakin dominan “Selama tiga tahun berturut-turut market share kami naik di tengah pasar kendaraan niaga yang mengalami penurunan. Target kami di tahun 2015 Mitsubishi Fuso mampu meraih 50 persen pangsa pasar” tambah Rizwan.Otosia.com 

No comments:

Post a Comment