Saturday 2 May 2015

Modifikasi Mitsubishi Pajero Sport SQL : Bangkitkan Audio Ekstrim

Tangerang, Salah satu karya imajinatif yang dilakoni Martin dalam modifikasi audio pada Mitsubishi Pajero Sport dengan mengaplikasikan konsep ekstrim merupakan suatu inovasi yang edukatif.
Mitsubishi Pajero Sport SQL
“Untuk bangkitkan lagi dunia modifikasi audio ekstrim yang akhir-akhir ini sudah jarang ditemui pada kontes modifikasi dengan skala nasional,“ tuturnya. “Dalam membangun sistem audio yang ada pada Mitsubishi Pajero Sport ini, kami menghabiskan waktu selama 100 hari pengerjaan,” tambahnya

Bikin Kabin Kedap

Langkah awal dalam proses modifikasi audio Mitsubishi Pajero Sport ini yaitu mengakali akustik kabin dengan memasang peredam. “Dashboard sampai mesin 1 lapis, pintu 2 lapis, atap 1 lapis dan lantai 1 lapis. Tujuannya yaitu kabin menjadi kedap dan meningkatkan tekanan dalam ruang kabin,” papar Martin.
Mitsubishi Pajero Sport SQL

Fitur Head Unit Dukung Konsep

Sebagai sentarlitas suara untuk Mitsubishi Pajero Sport ini, installer mempercayakan kepada Sony XAV-741, karena menurutnya fitur-fitur yang ada sudah mendukung dengan konsep audionya. “Standar saja sih fiturnya, tapi yang menarik yaitu dapat didukung dengan fasilitas android, sehingga lebih fun,” ujar Martin.
Mitsubishi Pajero Sport SQL

Speaker Berjumlah Ekstrim Dan Alih Fungsi Perangkat

Hal heboh yang terjadi pada sistem audio Mitsubishi Pajero Sport ini yaitu menambahkan beragam speaker lansiran Clif Design dengan jumlah yang ekstrim tertanam di beberapa sektor interior kabin mobil.
“Total perangkat suara yang bersemayam sebanyak 16 unit, baik untuk speaker, midbass dan subwoofer. Sedangkan konsep baru yang gue aplikasikan yaitu midbass 6 inci dijadikan midrange, subwoofer 10 inci dijadikan midbass, sedangkan subwoofer menggunakan 12 inci yang semuanya bermain active crossover. Hal ini dilakukan agar suara mid-low bisa disemburkan dengan sempurna, sehingga pembagian frekuensi bisa seimbang antara frekuensi tinggi hingga rendah,” tukas sang eksekutor.
Mitsubishi Pajero Sport SQL
Mitsubishi Pajero Sport SQL
Kemudian untuk boksnya digunakan jenis sealed baik untuk midbass maupun subwoofer dengan volume yang berbeda. ”Untuk yang 10 inci gue buat sebesar 0,7 cu/ft, sedangkan 12 inci volumenya sebesar 1,2 cu/ft. Kemudian gue gunakan sealed boks untuk membuat konsep yang unik, meskipun jenis boksnya sealed. Namun tekanannya cukup dashyat dalam menyemburkan suara bass yang konstan,” ujarnya.
Mitsubishi Pajero Sport SQL
Sedangkan untuk speaker depan Mitsubishi Pajero Sport ini, installer cukup membenamkan speaker 2-way di depan yaitu Ultra Drive RF-650SQ yang arahnya dibuat on-axis atau mengarah ke pengemudi.

8 Power, 6 Capbank, 3 Aki, Upgrade Alternator

Dengan banyaknya perangkat speaker yang bersemayam pada Mitsubishi Pajero Sport, installer mengakali dengan penggunaan 8 unit power Clif Design 4-channel dan 2-channel.
Mitsubishi Pajero Sport SQL
”Power 4-channel untuk tweeter dan midrange, dan power 2-channel untuk midbass dan subwoofer. Sengaja tidak menggunakan power monoblok karena dalam beberapa kasus, voltase di atas 15 volt tenaganya lebih dashyat menggunakan power 4-channel dan 2-channel jika dibandingkan dengan power monoblock,” jelas Martin.
Mitsubishi Pajero Sport SQL
Peningkatan tenaga juga dilakukan dengan modifikasi altenator dan penambahan 3 unit aki. “Aki depan 100A, dua unit aki belakang 150A dan altenator diganti menjadi 110A,” cetus sang installer. Sedangkan dalam menstabilkan tenaga, digunakan capasitor bank Ultra Drive 3F sebanyak 3 unit. “Untuk menampung tenaga yang dibutuhkan tiap speaker maupun subwoofer, sehingga ketika digeber tenaganya tetap stabil dan tidak ngoyo,” tambahnya.
Mitsubishi Pajero Sport SQL

Variasi Kabel Supaya Arus Konstan

Pembagian diameter kabel untuk tiap sektoral audio Mitsubishi Pajero Sport ini juga diperhitungkan oleh sang installer,sehingga suplai tenaga yang didapat bisa akurat. “Kabel stroom, subwoofer dan ground 0 AWG, kabel speaker 12 AWG, kabel untuk mid 8 AWG. Hal itu dilakukan biar pasokan listriknya stabil,”
  BosMobil.com Mitsubishi Pajero Sport SQL

No comments:

Post a Comment