Friday 27 February 2015

Ternyata Orang Jepang Malas Membeli Mobil, Ini 5 Alasanya

Jepang merupakan negara yang paling banyak memproduksi mobil, berbagai merk besar berasal dari negara jepang. Seperti Toyota, Mitsubishi, Honda, Suzuki dan masih banyak lagi.
tetapi, meskipun jepang banyak memproduksi mobil, rakyatnya justru malas dalam urusan membeli mobil.
padahal harga mobil disana lebih murah, dibanding negara lain yang mengimpor.

pasti kita akan bertanya-tanya mengapa Orang Jepang Malas Membeli Mobil, padahal kan jepang adalah negara yang memproduksi mobil.?
nah dari pada penasaran mending simak aja langsung artikel di bawah ini: 1. Sulitnya Uji Praktek Membuat SIM
salah satu alasanya mengapa orang jepang malas membeli mobil adalah, sulitnya uji praktek membuat SIM.
sistem ujian yang diberlakukan dijepang cukup sulit, banyak rambu-rambu yang harus diperhatikan. Tak heran banyak orang jepang yang harus mengulanginya kembali, bukan hanya sekali dua kali tapi bisa sampai 10 kalai untuk bisa lulus dalam ujian membuat SIM.
tetapi hanya orang tertentu yang mau mengulang kembali, karena ada alasan lain, apa alasanya.? Dibawah ini alasanya.
2. Mahalnya Biaya Membuat SIM
dan ini alasanya, biaya membuat SIM sangat mahal. siapa coba yang mau mengulangi ujian membuat SIM sampai berkali-kali kalau biayanya sangat mahal.
perlu diketahui, Tarif untuk mendapatkan SIM dijepamg sebesar 200 ribu yen atau sekitar 24 juta rupiah.
bayangkan jika sekali tes saja 20 jutaan lebih, kalau sampai 10 kali udah berapa uang yang harus dikeluarkan.?
3. Mahalnya Tarif Tol
jalan tol adalah jalan yang disediakan pemerintah untuk mempercepat jarak tempuh kendaraan. tetapi jika dijepang, untuk menikmati fasilitas jalan tol haruslah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.
dikota tokyo dan kota lainya, tarif tol untuk jarak pendek sebesar 600 yen atau 72 ribu rupiah, dan untuk jarak jauh 3 ribu yen atau sekitar 360 ribu rupiah.
dengan tarif semahal itu, orang jepang lebih memilih kendaraan umum atau menggunakan kendaraan pribadi seperlunya saja.
4. Biaya Parkir Yang Mahal
selain tol, biaya parkir dijepang juga sangat mahal. Berbeda di indonesia yang biaya parkirnya sangat murah.
meskipun tarifnya per jam tetapi cukup mahal, jika di indonesia 2 sampai 5 ribu rupiah maka dijepang biaya parkirnya 600 yen atau 72 ribu rupiah per jam. bahkan ada tarifnya per lima belas menit.
5. Transportasi Umum Lebih Cepat
nah alasan yang terakhir adalah, transportasi dijepang lebih cepat. Orang jepang lebih memilih transportasi umum daripada membeli mobil tapi harus menghadapi berbagai macam kerumitan.
transportasi umum yang terkenal di jepang adalah MRT yaitu shinkansen. Selain shinkansen masih ada bus, bus-bus dijepang sangat tepat waktu dan juga didalam bus tempatnya sangat nyaman.
alasan lain Mengapa Orang Jepang Malas Membeli mobil adalah.? Orang jepang sangat sadar terhadap lingkungan, orang jepang tahu mobil juga penyebab dari polusi udara. Oleh karena itu mereka enggan atau malas membeli mobil, ya walaupun negara mereka adalah negara yang memproduksi banyak mobil.
jika di indonesia memiliki transportasi umum seperti dijepang yang cepat, nyaman, dan tepat waktu mungkin orang indonesia mulai malas menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga bisa mengurangi kemacetan.
Atau bisa juga menaikan pajak semahal-mahalnya bagi yang mempunyai mobil.

No comments:

Post a Comment