BOGOR (DP) – Mundurnya PT Ford Motor Indonesia (FMI)
jelas membawa peluang besar bagi pesaingnya. Tak terkecuali PT Krama
Yudha Tiga Berlian (KTB) – Mitsubishi Indonesia, yang selama ini
bertarung kuat di segmen truk pikap antara Ford Ranger dan Mitsubishi
Triton, menuai hasil manis.“Ya cukup berpengaruh terutama untuk penjualan fleet. Periode
Januari-Oktober tahun ini, Mitsubishi Triton sudah mulai mendominasi,
dengan perolehan pangsa pasar 53%. Dibanding tahun lalu dalam periode
sama, walaupun tetap memimpin pasar tapi penguasaannya masih di bawah
angka 50%,” buka Head MMC Sales & Marketing Group KTB, Imam Choeru
Cahya, di Bogor, (12/11).Penguasaan pasar di segmen truk pikap, lanjut Imam, memang masih
disumbangkan lebih besar dari konsumen fleet (perusahaan), sedangkan
yang retail masih kecil. “Jika dipersentasikan, fleet sekitar 70% dan
retail 30%.”Masih kecilnya porsi retail inilah, yang diharapkan Imam ingin
digarap lebih serius selanjutnya. Terutama jenis konsumen hobbies.“Konsumen retail sendiri itu kan terbagi dua, satu konsumen yang beli
Triton (satuan) kemudian memang dipakai khusus buat mengontrol
bisnisnya seperti perkebunan, tambang dan lain. Sedangkan jenis kedua,
ya beli Triton memang suka adventure, sehari-hari, life style lah,”
lanjutnya.Jadi aku Imam, jenis konsumen retail kedua inilah yang saat ini
sedang coba digarap Mitsubishi Triton, dan itu masih sedikit yang
bermain. [dp/Rdo]
No comments:
Post a Comment