Thursday 8 October 2015

Metamorfosis Mitsubishi Lancer Evolution (II)


Metamorfosis Mitsubishi Lancer Evolution (II) 
Jakarta - Petualangan Mitsubishi Lancer Evolution tidak berhenti dengan lahirnya generasi keenam pada 1999 silam. Karena generasi selanjutnya lebih menawarkan sesuatu yang lebih dahsyat.

Nah penasaran bagaimana kelanjutan Lancer Evo hidup dan memanjakan pecintanya. Simak kelanjutan yang satu ini ya bro

Metamorfosis Mitsubishi Lancer Evolution (II)
8. Mitsubishi Lancer Evolution VII
Model Evolution VII ini pertama kali diperkenalkan pada 2001, dengan menggunakan platform Lancer sedan, mobil ini dikatakan masih syarat dengan teknologi mobil balap.

Namun perbedaan kali ini terdapat pada torsi yang diberikan. Yakni mencapai 282 pound-feet di 3.200 rpm. Dan mobil ini menjadi pilihan Paul Walker di film 2 Fast 2 Furious.
Metamorfosis Mitsubishi Lancer Evolution (II)
9. Mitsubishi Lancer Evoution Generasi VIII
Di 2003 Mitsubishi memperkenalkan generasi ke-VII Lancer Evolution. Generasi ini dikatakan lebih kencang hingga 44 tenaga kuda dibandingkan dengan Subaru WRX STI. Dan ini menjadi pukulan telak untuk Subaru WRS STI, karena berdasarkan data Subaru dikatakan memiliki tenaga hingga 300 tenaga kuda, sedangkan untuk Lancer Evolution hanya 271 tenaga kuda.

Semua didapat berkat bobot yang lebih ringan, membuat Evolution VIII lebih tangguh dibandingkan generasi sebelumnya.

Ingin terus memanjakan pecinta mobil sport jalanan, Lancer Evolution VIII juga menawarkan model MR. Dikatakan tampilan yang lebih mewah menjadi senjata utamanya untuk bisa menggoda pecintanya.


Metamorfosis Mitsubishi Lancer Evolution (II)
10. Mitsubishi Lancer Evolution MIEV Concept
Tahun 2005 Mitsubishi menampilkan Lancer Evolution versi listrik. Meski masih dalam bentuk konsep, Mitsubishi Lancer Evolution MIEV tampil menawan bro.

Tidak hanya syarat dengan kesan sporty sebagai mobil balap jalanan, ramah lingkungan dan menjadi mobil masa depan dengan 4 motor listrik bersama baterai yang digendong. Dijamin siapa pun yang melihatnya bisa dipastikan bakal terkesima.
Namun sayang Mitsubishi hingga saat ini belum memastikan kapan akan melahirkannya.

Metamorfosis Mitsubishi Lancer Evolution (II)
11. Mitsubishi Lancer Evolution IX
Generasi Evo IX pertama kali diperkenalkan pada New York Auto Show April 2005. Perubahan mencolok kembali terlihat pada tampilan ekterior yang disajikan, seperti pada bumper depan dan belakang.

Begitu juga dengan tampilan interior, kokpit kali ini dimodifikasi dengan pedal alumunium, panel yang diubah dengan karbon fiber, serta kursi Recaro yang dibungkus Pseudo-suede dan kulit.

Selanjutnya mesin 4G63 Turbocharged inline 4-silinder kali ini terbuat dari alumunium. Selain itu turbo yang ditawarkan kali lebih besar, piston oil rings yang lebih besar. Dan berkat perubahan itu, mesin ini bakal memiliki tenaga 286 tenaga kuda.

Metamorfosis Mitsubishi Lancer Evolution (II)
12. Mitsubishi Lancer Evolution IX Wagon
Berbeda dengan model sebelumnya, Mitsubishi juga memperkenalkan dan memproduksi Evo IX dalam bentuk Sportback Wagon. Namun bisa dipastikan model ini hanya diperjual belikan di Jepang saja.

Metamorfosis Mitsubishi Lancer Evolution (II)
13. Mitsubishi Lancer Evolution X
Tepat 2008 Mitsubishi memperkenalkan Evo ke-X. Generasi ke-X ini dikatakan lebih asyik dikendarai, lebih lebar, lebih prestis.

Selain itu mesin yang ditawarkan kali ini berbeda dibandingkan dengan mesin-mesin Evo generasi sebelumnya. Kalau sebelumnya Evo menggunakan mesin 4G63T New 2.0 liter Turbocharged 4 silinder.

Kini Lancer Evolution X menggunakan mesin 4B11, yaitu dengan blok mesin alumunium bersama variable valve timing. Hasilnya mesin ini memiliki tenaga hingga 295 tenaga kuda dan torsi mencapai 300 lb-ft. Generasi ini juga menawarkan 2 transmisi, manual 5 percepatan dan model MR-nya mengusung transmisi otomatis 6 percepatan dual-clucth segaris.

Metamorfosis Mitsubishi Lancer Evolution (II)
14. Mitsubishi Lancer X Concept Final
Perjalanan Lancer Evolution pun akhirnya berakhir, Mitsubishi memperkenalkan edisi pamungkas Lancer Evolution X Concept Final.

Mengaju pada ajang balap WRC, Evo ini berkembang menjadi satu model yang paling eksklusif. Tidak tanggung-tanggung mesin yang ditawarkan kali ini dijamin lebih kencang dibandingkan generasi sebelumnya.

Mitsubishi Lancer Evolution X Concept ini dikatakan bakal memiliki tenaga hingga 473 tenaga kuda. Bahkan dikatakan untuk generasi Evo selanjutnya tidak akan menjadi sedan lagi, melainkan akan menjadi Crossover dan akan menjadi generasu terbaru dari Outlander Sport.

Namun ketangguhannya tidak perlu diragukan, karena performa dahsyat akan menjadi syarat utamanya.

Metamorfosis Mitsubishi Lancer Evolution (II)
15. Lancer Evo tutup Usia
Akhirnya di 2015, Lancer Evo harus benar-benar tutup usia. Dengan tidak lagi diproduksi, dan melahirkan edisi terakhir Lancer Evolution Final Edition.

Tak banyak unit model terakhir ini yang bakal dijual oleh mobil asal Jepang itu. Hanya 1.600 unit Lancer Evolution Final Edition yang diproduksi sebagai tanda perpisahan.

Setelah sempat memunculkan video bagaimana mobil edisi terakhir Evo diproduksi beberapa waktu lalu, Mitsubishi memberikan detail lebih lanjut soal The Last Evo. Total ada 10 generasi Lancer Evolution yang diproduksi Mitsubishi.

Dari segi eksterior, bagian atap mobil berbahan alumunium dengan warna hitam. Roda pada Final Edition juga kian menawan dengan polesan warna dark chrome. Logo Final Edition dipampang di bawah Lancer Evolution pada bagian belakang.

Pembeli Lancer Evolution Final Edition ini dapat memilih empat warna menarik seperti New Pearl White, Octane Blue, Rally Red, dan Mercury Gray.

Untuk model terakhir dari Lancer Evolution ini, beberapa fitur dan mesin dikembangkan dengan teknologi terbaik. Lancer Evolution Final Edition dibekali dengan mesin MIVEC DOHC 16 valve.

Tenaga yang dihasilkan pun meningkat dengan 303 hp dan torsi 305 lb-ft. Soal performa rem juga tak perlu diragukan lagi. Mistubishi menggandeng merek ternama seperti Brembo untuk rem bagian depan, Bilstein untuk shock absorber, dan Eibach untuk bagian per.

Mitsubishi selalu mementingkan soal keamanan penggunanya. Lancer Evolution Final Edition dilengkapi tujuh air bag SRS sistem termasuk air bag yang terdapat pada bagian lutut pengemudi. Sistem pengereman menggunakan Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-Force Distribution (EBD).

Fitur Super All-Wheel Control (S-AWC) menjadikan Lancer Evolution Final Edition sebagai perpisahan yang istimewa. Dengan sistem S-AWC, pengemudi dapat memilih tiga setingan tenaga tarik sesuai dengan kondisi cuaca, seperti Tarmac, Garvel, dan Snow.

Sistem ini telah ada pada tiap sedan sport empat pintu yang dikeluarkan oleh Mitsubishi. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen/ sistem yang dapat menghasilkan tenaga serta kelincahan pada mobil. Komponen/ Sistem tersebut antara lain Active Yaw Control (AYC), Active Center Differential (ACD), Active Stability Control (ASC), dan Sport Anti-lock Braking System (ABS).

Sayonara Lancer Evo!

No comments:

Post a Comment