Wednesday 10 December 2014

Mitsubishi Mirage Tembus 20,1 Km per Liter di Makassar

Mobil tetap irit meski sudah dimodifikasi dan beban mesin cukup tinggi

Rabu, 3 Desember 2014, 11:10 Krisna Wicaksono, Rendra Saputra
Mitsubishi Mirage
Mitsubishi Mirage (VIVAnews/Muhamad Solihin)
VIVAnews - Citycar andalan Mitsubishi, Mirage, berhasil mencatat konsumsi bahan bakar yang cukup irit saat dikompetisikan PT Bosowa Berlian Motor selaku authorized dealer mobil berlambang tiga berlian itu di wilayah timur Indonesia.
Meski tak mampu mengalahkan rekor nasional Mirage, yakni 24,2 kilometer per liter, di Makassar mobil mungil ini dapat menembus angka 20,1 km per liternya.
Peserta yang beruntung itu ialah Arifin Raseng, seorang mahasiswa yang menggunakan mobil Mirage bertransmisi otomatis. Sementara itu, untuk jenis transmisi manual, pemenangnya adalah Muhammad Agus, seorang karyawan swasta yang berhasil tembus 17,7 km per liter.
"Tidak ada hal istimewa yang saya lakukan saat kompetisi. Pendingin udara pun tetap saya nyalakan. Saya hanya mengurut gas secara perlahan dan coba menghindari rem mendadak. Mobil ini saya pakai setiap hari, dan memang terbukti irit," tutur Arifin.
Tak jauh berbeda dengan Arifin, pemenang lainnya, Agus, juga tidak melakukan persiapan khusus terhadap mobilnya saat eco fun drive digelar. Pendingin udara kabin tetap dihidupkan seperti saat berkendara sehari-hari.
Ia malah mengajak keluarganya ikut acara tersebut, lengkap dengan penggunaan knalpot racing dan velg besar.
"Awalnya saya sempat menduga bahwa konsumsinya bakal boros, karena sudah diganti knalpot racing dan velg lebih besar. Ternyata perkiraan saya salah," kata Agus.
Ia menuturkan, kunci rahasia tetap irit ialah selalu menjaga agar indikator eco di kendaraannya terus menyala. Kata dia, indikator tersebut menjadi panduan kepada pengemudi untuk berkendara secara efisien.
Sehari-hari, dia biasa menggunakan kendaraan tersebut untuk menemui klien di luar Kota Makassar. Dalam sehari, kendaraannya bisa menjelajah jarak sejauh 100 kilometer.
Sebelum harga BBM bersubsidi naik, ia mengaku cukup mengeluarkan uang Rp50 ribu untuk beraktivitas sehari-hari, itu pun masih sisa. Ia juga mengaku pernah membawa mobilnya ke Toraja, menempuh jarak sekitar 340 kilometer dari Kota Makassar. Untuk pulang balik, ia hanya perlu merogoh kocek Rp220 ribu.
Kategori Manual:
1. Moh Agus = 17,7 km per liter (kpl)
2. Andi Taufiq = 16,9 kpl
3. Irawati = 15,9 kpl
Kategori Otomatis:
1. Arifin Raseng = 20,1 kpl
2. Arwini Yuditasari = 19,7 kpl
3. Yusriani = 17,8 kpl

No comments:

Post a Comment