Wednesday 14 January 2015

Waktu Tepat Mengganti Wiper



Waktu Tepat Mengganti Wiper
foto: clubsciontc.com

Kegunaan wiper sebagai pembersih kotoran dan terpaan hujan sangatlah penting. Komponen ini menjaga agar jarak pandang pengendara tetap jelas. Seiring waktu, kondisi wiper akan mengalami penurunan.
Terdapat beberapa tanda wiper mengalami penurunan kondisi. Antara lain terjadi goresan pada kaca, berderit dan sapuan wiper tak sempurna. Jika hal ini terjadi, Anda perlu segera menggantinya. Pasalnya, wiper yang rusak berisiko merusak kaca bahkan terjadi kecelakaan.
Waktu penggantian wiper yang disarankan sebaiknya setiap enam bulan atau setahun sekali. Namun, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan rutin. Cara paling murah adalah dengan mengganti karet wiper. Saat ini, karet wiper sudah dijual dalam bentuk isi ulang.
Cara lain yang lebih mudah adalah mengganti wiper blade. Wiper blade sendiri merupakan komponen besi yang menjadi tempat dudukan karet wiper, dimana tak jarang dapat mengalami bengkok. Sayangnya, mengganti wiper blade membutuhkan biaya sedikit lebih mahal.
Lebih lanjut, untuk menjaga kondisi wiper tetap baik, sebaiknya lakukan perawatan. Perawatan tersebut meliputi membersihkan kotoran yang menempel di karet wiper dan kaca mobil Anda.

Sumber : Otosia.com 

No comments:

Post a Comment