Wednesday 14 January 2015

Tips Kenali Busi Berwarna Putih Kering

Tips Kenali Busi Berwarna Putih Kering

Busi memutih (4.bp.blogspot)
Busi memang menjadi komponen pengapian yang paling pendek umurnya. Padahal busi ini memiliki tugas yang sangat vital sebagai penunjang sistem pengapian di ruang bakar. Karena itu, dari tampilan busi yang sudah pernah dipakai, akan ketahuan seberapa normal atau parah kondisi mesin  kendaraan Anda.
Sekarang yang bisa diketahui dari kinerja mesin adalah ketika busi mulai berwarna putih kering. Jika mesin sedang dalam keadaan normal, kepala busi akan berwarna kecoklatan. Sedangkan untuk mesin yang terlalu boros bahan bakar, busi akan berubah warna menjadi hitam. Selain itu, jika busi berwarna putih seperti ini berarti mesin disetting terlalu irit.
Busi memutih
Membuat mesin semakin irit memang bagus, tapi jika setingannya terlalu dipaksakan, justru akan berimbas negatif bagi komponen yang lain. Penyebab utama dari terlalu irit ini, tentunya terletak pada setingan karburator. Karena terlalu rapatnya klep, menyebabkan terlalu keringnya ruang karburator.
Hal ini pun juga malah akan membuat mesin panas dan malah mempercepat keausan mesin. Selain itu, yang perlu diingat juga bahwa umur busi memang sangat pendek. Biasanya hanya mencapai 6000 km hingga 7000 km pemakaian. Jika dirasa busi sudah menghasilkan pengapian yang kecil, berarti memang sudah waktunya melakukan penggantian.(kpl/sdi)Otosia.com -

No comments:

Post a Comment